Pengantar Teknologi informasi

Senin, 15 Oktober 2012

INPUT-PROSES-OUTPUT

Pertanyaan:
1.  Carilah teknologi - teknologi dari tiap komponen input minimal 5 komponen inputan dan jelaskan  teknologi - teknologi tersebut?
2.  Carilah teknologi - teknologi dari tiap komponen output minimal 5 komponen outputan dan jelaskan  teknologi - teknologi tersebut?
3.    Sebutkan 3 merk processor yang anda ketahui dan jelaskan 5 teknologi dari tiap processor tersebut?

Jawab :

1. Teknologi - teknologi komponen input

A. Keyboard (papan ketik)
Keyboard merupakan komponen input yang digunakan untuk menginput data, huruf, simbol – simbol dan perintah - perintah lainnya.
Jenis-jenis Keyboard :
1.QWERTY
2.DVORAK
3.KLOCKENBERG
Salah satu teknologi keyboard qwerty:

Keyboard model Qwerty, dimana penyusunan tiap-tiap hurufnya sudah disesuaikan untuk kenyamanan mengetik dengan menggunakan 10 jari. Bagian-bagian keyboard yaitu papan ketik yang terbuat dari plastik, line PCB yang berfungsi sebagai konduktor untuk mengirimkan perintah dari/menuju CPU, dan kabel data yang bisa berupa kabel USB maupun kabel standar untuk keyboard.


B. Mouse
Mouse merupakan komponen input yag digunakan untuk menggerakan pointer pada komputer atau layar monitor.
Salah satu teknologi mouse wireless:
 Produk yang menggunakan wireless sebagai media komunikasinya, Targus AMW43US, sebuah mouse yang memiliki 5 buah tombol. Tiga tombol seperti pada mouse konvensional (klik kiri, klik kanan dan scroll) serta dua tombol tambahan pada sebelah kiri mouse.
Sesuai dengan namanya, salah satu keunggulan dari Wireless Optical Scroll Mouse telah dilengkapi dengan sebuah optical scroll mouse. Optical scroll mouse ini berfungsi untuk menggeser scroll dari sebuah window program (fungsi yang sama dengan scroll pada mouse konvensional).
Keunggulan dari optical scroll mouse ini, karena bukan berbentuk roda  (seperti pada mouse konvensional) maka scroll mouse ini tidak mudah kotor yang biasanya menyebabkan scroll mouse jadi macet. Ini akan menghemat waktu anda karena tidak disibukkan lagi dengan aktifitas membersihkan kotoran pada scroll mouse.

C. Scanner
Scanner merupakan komponen input yang berguna untuk mengambil lalu memasukan data gambar, foto, bahkan tulisan tangan ke dalam layar monitor komputer.
Salah satu teknologi scanner:


KODAK SCANMATE i2800 siap untuk memindai langsung dengan satu koneksi komputer yang sederhana dan paket perangkat lunak yang disediakan. Dengan fitur sentuhan cerdas, dapat dengan mudah mengatur sampai dengan sembilan fungsi pemindaian, bersama dengan format file yang Anda butuhkan dalam PDF, TIFF, JPEG, RTF, BMP, dan PDF searchable.




D. Webcam
Merupakan komponen input yang digunakan untuk merekam segala sesuatu yang gerak atau diam yang terlihat langsung kamera lalu dimasukkan kelayar monitor komputer.
Salah satu teknologi webcam :

LiveCam Socialize HD 1080 dimana kamera web ini memiliki sensor full HD dengan resolusi 1080p. Webcam socialize terbaru ini memiliki fitur sensor 2 Megapixel Full HD, dengan lensa auto fokus wide angel dan built-in dual microphone array adaptif dengan teknologi noise cancelling dan beam forming.

Webcam ini juga dapat mengambil gambar diam sampai 12 megapixel dengan 4x digital zoom dan mampu merekam video HD1080 pada kecepatan 30fps. Webcam ini juga dapat menangkap informasi pada kartu nama kedalam file.

E. Microphone
Microphone merupakan komponen input yang digunakan untuk memasukan data suara ke dalam sound komputer.
Salah satu teknologi microphone:


Teknologi mute mic ini cukup unik, anda dapat mengeluarkan sekeras – kerasnya suara anda tanpa harus menggangu orang yang mendengar suara keras anda.









2. Teknologi teknologi komponen output

A. Monitor
Monitor merupakan komponen output yang menampilkan data berupa gambar tampilan kerja didalam suatu layar.
Salah satu teknologi monitor:
Monitor Samsung SyncMaster S27A950D

Monitor LCD samsung ini berukurun 27 inchi dengan LED-backlit yang mendukung 3D. LCD monitor ini mampu menampilkan resolusi gambar 1920 x 1080 full HD, serta tingkat kecerahan 300cd/m2, kontras rasio dinamis 5.000.00 : 1 dan bahkan refresh rate 120Hz yang masih jarang untuk monitor LCD.





B. Printer

Printer merupakan komponen output sebagai penghasil sebuah gambar dan tulisan yang dicetak  pada sebuah bidang datar berbentuk kertas.
Salah satu teknologi printer :
Epson Stylus NX430

Printer ini memungkinkan untuk mencetak gambar atau sebuah file tanpa harus terhubung dengan komputer. Printer ini memilki fitur wireless, slot memory card dan terdapat LCD berwarna 2.5 inci. Dan printer ini juga bisa digunakan untuk menscan atau copy, dan desain printer ini pun sangat lah minimalis.

C. Headphone

Headphone merupakan komponen output berupa sepasang pengeras suara kecil yang digunakan sangat dekat dengan telinga.
Salah satu teknologi headphone :
Frontech Wireless Headphone With FM Radio
Frontech Wireless Headphone Dengan FM Radio: 3-in-1 Auto lagu Radio FM Kawat Headset Sistem Sistem Wireless Headphone dengan Spesifikasi Teknis pemancar: Komunikasi Mode: Radio Frequency (VHF)







D. Proyektor

Proyektor merupakan komponen output yang menampilkan data gambar ataupun tulisan melalui lensa optik dengan skala gambar yang lebih besar lalu memncarkan nya ke tembok atau ke tempat yang berwarna putih (cerah). Alat ini hanya bisa terlihat jelas pada keadaan gelap saja.

E. Speaker


Speaker merupakan komponen output yang menghasilkan suara.





3. 3 Merk Processor

A.     INTEL  
           
* Core TM 2 duo
Core TM 2 duo => Adalah prosesor keluaran Intel berkecepatan 2.400 MHz yang dirilis Intel pada bulan Juli tahun 2006.

  * Pentium III
Pentium III => Memperluas jajaran keluarga performa prosesor 32 byte intel x86, mampu meningkatkan performa yang dibutuhkan untuk aplikasi dekstop pada umumnya sebaik workstation dan server. Kompatible dengan semua aplikasi yang diinstal pada DOS, Windows, OS/2, dan Linux. Pentium III menggunakan soket 370 dengan kecepatan maksimum sebesar 1,4 GHz, L1-Cache: 16 + 16 KiB, L2-Cache 256/512, dan FSB sebesar 133 MHz pada seri Tualatin.  

* Core TM 2 Quad
Core TM 2 Quad => Prosesor keluaran Intel setelah mereka sukses dengan peluncuran Core 2 Duo. Intel Core 2 Quad sendiri merupakan hasil penggabungan 2 prosesor COre 2 Duo ber-cache L2 4 MB, sehingga Core 2 Quad memiliki cache L2 sebesar 8 MB (2 x 4 MB). Prosesor Core 2 Quad merupakan prosesor yang menarik dan menjadi pilihan yang aman untuk masa depan, walaupun saat ini masih banyak software yang belum bisa menggunakan prosesor ini.

* Pentium IV
Pentium IV => Adalah mikroprosesor  generasi ketujuh yang dibuat oleh Intel Corporation dan dirilis pada bulan November 2000 meneruskan prosesor pentium III. Diharapkan dapat menutup segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, Gambar-gambar yang ditampilkan lebih halus dan lebih tajam. Selain itu, kecepatan memproses, mengirim atau menerima gambar juga menjadi semakin cepat. Pentium IV diproduksi dengan menggunakan teknologi 0.18 mikron. Dengan bentuk yang semakin kecil mengakibatkan daya, arus dan tegangan panas yang dikeluarkan juga semakin kecil. Kecepatan yang dimiliki adalah 20 x lebih cepat dari generasi Pentium III.

* Pentium M
Pentium M => Diperkenalkan sebagai bagian dari teknologi Intel Centrino pada 12 Maret 2003. Teknologi Centrino terletak pada susunan komponen, termasuk prosesor intel Pentium M atau Celeron M, chipset Untel 885 atau 915, dan PRO/Wireless adapter yang dapat digunakan untuk membangun sistem dengan support wireless yang terintegrasi dan baterai yang tahan lama.Bekerja lebih baik daripada pentium IV. Sebagai contoh, pentium M1,6 GHz memiliki kerja yang sebanding dengan Pentium IV 2,4 GHz saat menggunakan daya yang lemah.

B.  AMD

 *  AMD Athlon 64
AMD Athlon 64 =>  Prosesor ini merupakan prosesor pertama yang kompatibel terhadap komputasi 64bit. Prosesor ini menggunakan teknologo AMD 64 yang bisa bekerja pada sistem operasi dan aplikasi 32 bit maupun 64 bit.
       
 *  AMD Athlon 64 FX
AMD Athlon 64 FX =>  Prosesor ini dapat bekerja pada system operasi dan aplikasi 32 bit dan 64 bit dengan kecepatan penuh. Menawarkan perlindungan virus yang di sebut enchade virus protection ketika di jalankan di atas platform Windows XP Service Pack 2 (SP2) maupun Windows XP 64 Bit edition.  

 *  AMD Opteron
AMD Opteron => Prosesor ini 64 bit yang di rilis untuk pasar workstation dan server pada musim semi 2003. Prosesor ini pun memiliki fitur :

·   Cache-1 sebesar 128kb yang terbagi ke dalam data cache 64kb dan instruction cache 64kb.
·      Cache level-2 sebesar 1024kb.
·      Kecepatan dari 1400 MHz – 3000MHz.
·  Memiliki 3 buha link HyperTransport dengan kecepatan 3200 Mbit/s - Mampu mengakses memori fisik hingga 1 Terabyte.
·     Tersedia dalam single core, dual core, dan quad core.   

 *  AMD 64 X2 Dual Core
AMD 64 X2 Dual Core => Prosesor ini tetap berbasis pada teknologi 64 bit, prosesor ini di tujukan bagi kalangan pengguna media digital yang insentif. Prosesor ini di lengkapi teknologi HyperTransport yang mampu meningkatkan kinerja system secara keseluruhan dan menyingkirkan bottlenecks pada level input output, meningkatkan bandwith, dan mengurangi latency system.

 *  AMD  Turion  64
AMD Turion 64 => Turion 64 prosesor memiliki single-channel memory controller yang terintegrasi, salah satu transportasi hyper-link, 128 KB dari tingkat 1 dan 512 KB atau 1 MB level 2 cache memory. Semua prosesor Turion 64 instruksi SSE3 dukungan. Satu-satunya fitur baru terkemuka di Turion 64 adalah tidur yang lebih dalam modus hemat daya.

C. VIA

 *  Prosesor  Quad  Qore  VIA
Prosesor Quad Qore VIA => VIA prosesor quadcore menggabungkan empat 64-bit core menawarkan kinerja multimedia multi-tasking dan luar biasa pada anggaran daya yang rendah. Keunggulan prosesor ini kinerja Overclocking Adaptif, 4MB L2 cache, dan Bus 1333MHz V4. Dengan desain daya rendah, mereka juga menawarkan industri terkemuka efisiensi energi dengan VIA quadcore 1,2 + GHz prosesor memberikan TDP (Thermal Design Power) hanya 27,5 watt. Fitur canggih lainnya termasuk virtualisasi VIA VT, sebuah teknologi yang memungkinkan perangkat lunak warisan dan aplikasi yang akan digunakan dalam skenario virtual tanpa berdampak pada kinerja.

 *  VIA Nano E-Series
VIA Nano E-Series => VIA Nano E-Series prosesor ditujukan khusus pada kebutuhan industri tertanam lebih luas, membawa teknologi yang akan membantu menghidupkan desain perangkat embedded dan kekuatan gelombang berikutnya inovasi desain tertanam. Dibangun pada 64 bit sukses-, arsitektur superscalar bahwa kekuasaan VIA Nano 3000 Seri berbagai prosesor, VIA Nano E-Series prosesor termasuk memberikan dukungan umur panjang sampai tujuh tahun dan menawarkan desain, daya mikroprosesor terlengkap rendah di industri saat ini.Tersedia di kecepatan dari 800MHz ke 1.8GHz, VIA Nano E-Series prosesor adalah katalis di pindah ke arsitektur 64-bit.

 *  VIA Nano X2
VIA Nano X2 => Processor VIA Nano prosesor X2 yang pertama benar-benar dioptimalkan, prosesor daya rendah dual-core. Menggabungkan dua core 64-bit dalam satu, VIA Nano prosesor X2 memberikan performa per-watt dan kemampuan multi-tasking baik, tanpa konsumsi listrik lebih banyak. Penargetan berbagai produk PC yang meliputi desktop, all-in-one dan desain notebook mobile, VIA Nano prosesor X2 memperluas jangkauan portofolio prosesor VIA ke dalam multitasking dan berorientasi kinerja segmen dan pengguna menawarkan pengoptimalan end-users dan pengalaman komputasi hemat listrik.  

 *  VIA C7 Processor
VIA C7 Processor => VIA C7 prosesor adalah terkecil terendah, paling efisien dan prosesor x86 paling aman di dunia. Dibangun pada arsitektur Advanced CoolStream VIA TM, Prosesor VIA C7 dirancang untuk memperluas gaya hidup digital dengan menggabungkan kinerja yang kuat hingga 2.0GHz dengan konsumsi daya ultra rendah dan pembuangan panas yang sangat efisien.12.VIA PV530 Processor Dirancang untuk menawarkan pengalaman komputasi yang menarik namun energi yang efisien dengan kinerja hingga 1.8+GHz, VIA PV530 dirancang untuk daya generasi berikutnya dari PC desktop. Sebagai pasar negara berkembang semakin investasi berkelanjutan dalam mengembangkan solusi IT untuk membantu menjembatani kesenjangan digital, PV530 VIA, ketika dipasangkan dengan VIA media digital core-logic chipset, menyediakan akses penting untuk komputasi x86 modern dan teknologi komunikasi.
  
 *  VIA Eden Processor
VIA Eden Processor => Eden prosesor targetnya pribadi, bisnis, industri dan komersial dengan memerlukan konsumsi daya ultra rendah dan kompatibel dengan sistem operasi x86 standar dan aplikasi perangkat lunak. VIA Eden prosesor terukur dari 400MHz untuk 1.5Ghz dan maksimum daya sebesar 7,5 watt.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms